Kamis, 07 Juni 2012
dear My Family- SM TOWN
Romanji
[Changmin] Naega seol goseul chajeul suga eobseul ttae
Pogpung sogeseo gireul ireo beoryeosseul ttae;
[Luna] Eonjena byeonhaji anhneun
Saranggwa yonggil jusyeotdeon
Geudeurege gamsareul bonaeyo;
[Baekhyun] Ttaeron honjarago neukkyeosseul ttaega isseotjyo;
[D.O] Manhi ureotdeon jinannarui nae moseube;
[Yesung] Eolmana maeumi apasseulkkayo
Himdeureo sseulkkayo ijeseoya
Nan al geotman gatayo;
[Taeyeon] Nae insaengi kkeutnal ttaekkaji
I sesangi kkeutnal ttaekkaji
Urin yeongwonhi hamkke isseul geoyeyo;
[Chen] Jageun maeum moa keun him doedeut
Urin hanaran geoseul midgo isseoyo
Uri hamkke haengbog mandeureoyo
Memareun sesang soge
Bichi doeneun nalkkaji;
[Taeyeon] Saranghaeyo;
[Chen] Nawa gateun kkumeul kkugoitnayo;
[Lu Han] Jeongmal nawa gateun goseul barabogo itnayo;
[Jonghyun] Geugeotmani sesangui modeun apeumeul
Chiryohal su isseoyo seoro akkyeo
Jul su man itdamyeon;
[Yunho] Nae insaengi kkeutnal ttaekkaji
I sesangi kkeutnal ttaekkaji
Urin yeongwonhi hamkke isseul kkeoeyo;
[Chen] Jageun maeum moa keun him doedeut
Urin hanaran geoseul midgo isseoyo
Uri hamkke haengbog mandeureoyo
Memareun sesang soge
Bichi doeneun nalkkaji;
[Changmin] Saranghaeyo;
[Kangta] Uri apeseo jeolmang haebeorin
Saramdeuri itdamyeon dasi ireonal
Keun himi dwae jwoyahae; [Luna] nawa gateun gajogui
Songiri piryohal tenikka; jageun maeum moa
[Chen] Keun him doedeut urin hanaran geoseul
Midgo isseoyo
Uri hamkke haengbog mandeureoyo
Memareun sesang soge
Bichi doeneun nalkkaji;
[Luna] saranghaeyo
Indonesia Translation
Saat aku tidak menemukan tempat untuk bertahan
Saat aku tersesat di tengah badai
Orang-orang memberiku
cinta yang tak berubah dan keberanian
Aku kirim ucapan terima kasihku pada mereka
Terkadang ada saat-saat aku merasa bahwa aku sendirian
Melihatku menangis tersedu-sedu pada masa lalu
Seberapa memilukankah aku untukmu?
Seberapa sulitkah aku untukmu?
Sekarang aku pikir aku bisa mengerti
Sampai akhir hidupku
Sampai akhir dunia ini
Kita akan bersama selamanya
Seperti hati kecil berkumpul
untuk menjadi kekuatan besar
Aku percaya kita satu
Bersama-sama kita buat kebahagiaan
Sampai hari saat kita menjadi
cahaya di dunia kering
Aku mencintaimu
Apakah impianmu sama denganku?
Apakah kamu benar-benar melihat tempat yang sama sepertiku?
Itu hanya dapat menyembuhkan setiap rasa sakit di dunia ini
Selama kita dapat menghargai satu sama lain
Sampai akhir hidupku
Sampai akhir dunia ini
Kita akan bersama selamanya
Seperti hati kecil berkumpul untuk menjadi kekuatan besar
Aku percaya kita satu
Bersama-sama kita buat kebahagiaan
Sampai hari saat kita menjadi
cahaya di dunia kering
Aku mencintaimu
Saat kita melihat orang-orang yang pernah kehilangan harapan
Kita harus sabar agar mereka bisa bangkit kembali
Karena mungkin mereka memerlukan uluran tangan sebuah keluarga sepertiku
Seperti hati kecil berkumpul untuk menjadi kekuatan besar
Aku percaya kita satu
Bersama-sama kita buat kebahagiaan
Sampai hari saat kita menjadi
cahaya di dunia kering
Aku mencintaimu
Romanji: liriklagubagus.com
Indo Trans: nishawollocket92.blogspot.com
[Changmin] Naega seol goseul chajeul suga eobseul ttae
Pogpung sogeseo gireul ireo beoryeosseul ttae;
[Luna] Eonjena byeonhaji anhneun
Saranggwa yonggil jusyeotdeon
Geudeurege gamsareul bonaeyo;
[Baekhyun] Ttaeron honjarago neukkyeosseul ttaega isseotjyo;
[D.O] Manhi ureotdeon jinannarui nae moseube;
[Yesung] Eolmana maeumi apasseulkkayo
Himdeureo sseulkkayo ijeseoya
Nan al geotman gatayo;
[Taeyeon] Nae insaengi kkeutnal ttaekkaji
I sesangi kkeutnal ttaekkaji
Urin yeongwonhi hamkke isseul geoyeyo;
[Chen] Jageun maeum moa keun him doedeut
Urin hanaran geoseul midgo isseoyo
Uri hamkke haengbog mandeureoyo
Memareun sesang soge
Bichi doeneun nalkkaji;
[Taeyeon] Saranghaeyo;
[Chen] Nawa gateun kkumeul kkugoitnayo;
[Lu Han] Jeongmal nawa gateun goseul barabogo itnayo;
[Jonghyun] Geugeotmani sesangui modeun apeumeul
Chiryohal su isseoyo seoro akkyeo
Jul su man itdamyeon;
[Yunho] Nae insaengi kkeutnal ttaekkaji
I sesangi kkeutnal ttaekkaji
Urin yeongwonhi hamkke isseul kkeoeyo;
[Chen] Jageun maeum moa keun him doedeut
Urin hanaran geoseul midgo isseoyo
Uri hamkke haengbog mandeureoyo
Memareun sesang soge
Bichi doeneun nalkkaji;
[Changmin] Saranghaeyo;
[Kangta] Uri apeseo jeolmang haebeorin
Saramdeuri itdamyeon dasi ireonal
Keun himi dwae jwoyahae; [Luna] nawa gateun gajogui
Songiri piryohal tenikka; jageun maeum moa
[Chen] Keun him doedeut urin hanaran geoseul
Midgo isseoyo
Uri hamkke haengbog mandeureoyo
Memareun sesang soge
Bichi doeneun nalkkaji;
[Luna] saranghaeyo
Indonesia Translation
Saat aku tidak menemukan tempat untuk bertahan
Saat aku tersesat di tengah badai
Orang-orang memberiku
cinta yang tak berubah dan keberanian
Aku kirim ucapan terima kasihku pada mereka
Terkadang ada saat-saat aku merasa bahwa aku sendirian
Melihatku menangis tersedu-sedu pada masa lalu
Seberapa memilukankah aku untukmu?
Seberapa sulitkah aku untukmu?
Sekarang aku pikir aku bisa mengerti
Sampai akhir hidupku
Sampai akhir dunia ini
Kita akan bersama selamanya
Seperti hati kecil berkumpul
untuk menjadi kekuatan besar
Aku percaya kita satu
Bersama-sama kita buat kebahagiaan
Sampai hari saat kita menjadi
cahaya di dunia kering
Aku mencintaimu
Apakah impianmu sama denganku?
Apakah kamu benar-benar melihat tempat yang sama sepertiku?
Itu hanya dapat menyembuhkan setiap rasa sakit di dunia ini
Selama kita dapat menghargai satu sama lain
Sampai akhir hidupku
Sampai akhir dunia ini
Kita akan bersama selamanya
Seperti hati kecil berkumpul untuk menjadi kekuatan besar
Aku percaya kita satu
Bersama-sama kita buat kebahagiaan
Sampai hari saat kita menjadi
cahaya di dunia kering
Aku mencintaimu
Saat kita melihat orang-orang yang pernah kehilangan harapan
Kita harus sabar agar mereka bisa bangkit kembali
Karena mungkin mereka memerlukan uluran tangan sebuah keluarga sepertiku
Seperti hati kecil berkumpul untuk menjadi kekuatan besar
Aku percaya kita satu
Bersama-sama kita buat kebahagiaan
Sampai hari saat kita menjadi
cahaya di dunia kering
Aku mencintaimu
Romanji: liriklagubagus.com
Indo Trans: nishawollocket92.blogspot.com
Motorik Halus Usia 5-6 tahun
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Perkembangan
pada anak dimulai sejak dalam kandungan, dari mulai dibuahinya sel telur oleh
sperma kemudian dari sel yang sama bentuk dan fungsinya berkembang menjadi sel
yang bersifat khusus seperti sel syaraf, sel otot, sel darah, sel tulang.
Sel-sel tersebut membentuk jaringan seperti jaringan saraf, jaringan otot,
jaringan darah, jaringan epitel, dan jaringan tulang. Kemudian
jaringan-jaringan tersebut membentuk organ seperti otak, jantung, mata, telinga
dan kaki. Kumpulan dari organ-organ tersebut akan membentuk sistem organ
akhirnya menjadi organisme yang utuh di dalam kandungan seorang ibu yang siap
dilahirkan ke dunia.
Pada
usia 0-8 tahun merupakan usia keemasan bagi anak dengan perkembangan
mental maupun fisik yang berlangsung secara pesat khususnya pada anak usia
5-6 tahun kami mengobservasi yang sudah menginjak pendidikan formal awal yaitu
di TK. Pada anak usia 5-6 tahun memiliki perkembangan fisik-motorik yang baik
(perkembangan badan, otot kasar dan otot halus).
Selanjutnya pada
perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun sudah menunjukkan proses
berpikir yang lebih jelas (preoperational).
Aspek-aspek perkembangan yang selanjutnya adalah perkembangan emosional anak
(emosi positif dan emosi negatif), perkembangan moral yang ditandai kemampuan
anak untuk memahami aturan, norma maupun etika dengan disertai konsekuensi
fisik ataupun hidonistik (kepuasan), perkembangan sosial dan perkembangan
bahasa.
Dengan
demikian, untuk dapat mengetahui karakteristik atau aspek-aspek perkembangan
dari anak usia 5-6 tahun, kami mencoba membuat makalah mengenai aspek-aspek
perkembangan anak uasia 5-6 tahun yang meliputi perkembangan fisik-motorik,
perkembangan kognitif, perkembangan sosial, perkembangan bahasa, perkembangan
emosional, dan perkembangan moral. Di dalam perkembangan anak usia 5-6 tahun
sebaiknya dimanfaatkan olehorang tua maupun orang-orang sekitar untuk
memberikan bimbingan dan pengajaran yang dapat menjadikan mereka anak yang
baik.
B.
Rumusan
Masalah
Dari
latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Apakah
yang dimaksud motorik halus ?
2. Bagaimanakah
perkembangan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun ?
3. Bagaimanakah
perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun ?
4. Bagaimanakah
perkembangan sosial pada anak usia 5-6 tahun?
5. Bagaimanakah
perkembangan emosional pada anak usia 5-6 tahun?
6. Bagaimanakah
perkembangan bahasa pada anak usia 5-6 tahun ?
C.
Tujuan
Penulisan
Berdasarkan
rumusan masalah yang telah dituliskan di atas, maka tujuan dari penulisan
makalah ini antara lain :
a. Tujuan
Umum
1. Untuk
mengetahui perkembangan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun.
2. Untuk
mengetahui perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun.
3. Untuk
mengetahui perkembangan social pada anak usia 5-6 tahun.
4. Untuk
mengetahui perkembangna emosional pada anak usia 5-6 tahun.
5. Untuk
mengetahui perkembangan bahasa pada anak usia 5-6 tahun.
b. Tujuan
Khusus
Tujuan
khusus penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah
Keterampilan Berkarya pada Semester Genap.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Motorik Halus
Kemampuan
motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang
melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan. Saraf motorik halus ini dapat
dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan yang kontinu secara
rutin. Seperti, bermain puzzle, menyusun balok, memasukan benda ke dalam lubang
sesuai bentuknya, membuat garis, melipat kertas dan sebagainya.
Kecerdasan
motorik halus anak berbeda-beda. Dalam hal kekuatan maupun ketepatannya.
perbedaan ini juga dipengaruhi oleh pembawaan anak dan stimulai yang
didapatkannya. Lingkungan (orang tua) mempunyai pengaruh yang lebih besar dalam
kecerdasan motorik halus anak. Lingkungan dapat meningkatkan ataupun menurunkan
taraf kecerdasan anak, terutama pada masa-masa pertama kehidupannya.
Setiap
anak mampu mencapai tahap perkembangan motorik halus yang optimal asal
mendapatkan stimulasi tepat. Di setiap fase, anak membutuhkan rangsangan untuk
mengembangkan kemampuan mental dan motorik halusnya. Semakin banyak yang
dilihat dan didengar anak, semakin banyak yang ingin diketahuinya. Jika kurang
mendapatkan rangsangan anak akan bosan. Tetapi bukan berarti anda boleh memaksa
si kecil. Tekanan, persaingan, penghargaan, hukuman, atau rasa takut dapat
mengganggu usaha dilakukan si kecil.
Perlu diketahui bahwa kemampuan motorik halus
sangat penting karena berpengaruh pada segi pembelajaran lainnya. Keadaan ini
sesuai dengan penelitian Mayke (2007) bahwa motorik halus penting karena ini
nantinya akan dibutuhkan anak dari segi akademis. Kegiatan akademis tersebut
seperti menulis, menggunting, menjiplak, mewarnai, melipat, menarik garis dan
menggambar. Hal ini sejalan dengan pendapat Hurlock (1978) bahwa penguasaan
motorik halus penting bagi anak, karena seiring makin banyak keterampilan
motorik yang dimiliki semakin baik pula penyesuaian sosial yang dapat dilakukan
anak serta semakin baik prestasi di sekolah.
B.
Perkembangan
Motorik
Perkembangan
fisik sangat berkaitan erat dengan perkembangan motorik anak. Motorik merupakan
perkembangan pengendalian gerakan tubuh melalui kegiatan yang terkoordinir
antara susunan saraf, otot, otak, dan spinal cord.
Motorik halus
adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh
tertentu, yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih.
Misalnya, kemampuan memindahkan benda dari tangan, mencoret-coret, menyusun
balok, menggunting, menulis dan sebagainya.
Perkembangan
motorik beriringan dengan proses pertumbuhan secara genetis atau kematangan
fisik anak. Teori yang menjelaskan secara detail tentang sistematika motorik
anak adalah Dynamic System Theory
yang dikembangkan Thelen & whiteneyerr. Teori tersebut mengungkapkan bahwa
untuk membangun kemampuan motorik anak harus mempersepsikan sesuatu di
lingkungannya yang memotivasi mereka untuk melakukan sesuatu dan menggunakan
persepsi mereka tersebut untuk bergerak. Kemampuan motorik merepresentasikan
keinginan anak. Misalnnya ketika anak melihat mainan dengan beraneka ragam,
anak mempersepsikan dalam otaknnya bahwa dia ingin memainkannya. Persepsi
tersebut memotivasi anak untuk melakukan sesuatu, yaitu bergerak untuk
mengambilnya. Akibat gerakan tersebut, anak berhasil mendapatkan apa yang di
tujunya yaitu mengambil mainan yang menarik baginya.
Teori tersebut
pun menjelaskan bahwa ketika bayi di motivasi untuk melakukan sesuatu, mereka
dapat menciptakan kemampuan motorik yang baru, kemampuan baru tersebut
merupakan hasil dari banyak faktor, yaitu perkembangan system syaraf, kemampuan
fisik yang memungkinkannya untuk bergerak, keinginan anak yang memotivasinya
untuk bergerak, dan lingkungan yang mendukung pemerolehan kemampuan motorik.
Misalnya, anak akan mulai berjalan jika system syarafnya sudah matang, proposi
kaki cukup kuat menopang tubuhnya dan anak sendiri ingin berjalan untuk
mengambil mainannya.
C.
Perkembangan
Motorik Halus Usia 5-6 Tahun
Perkembangan
motorik halus anak taman kanak-kanak ditekankan pada koordinasi gerakan motorik
halus dalam hal ini berkaitan dengan kegiatan meletakkan atau memegang suatu
objek dengan menggunakan jari tangan. Pada usia 4 tahun koordinasi gerakan
motorik halus anak sangat berkembang, bahkan hampir sempurna. Walaupun demikian
anak usia ini masih mengalami kesulitan dalam menyusun balok-balok menjadi
suatu bangunan. Hal ini disebabkan oleh keinginan anak untuk meletakkan balok
secara sempurna sehingga kadang-kadang meruntuhkan bangunan itu sendiri. Pada
usia 5 atau 6 tahun koordinasi gerakan motorik halus berkembang pesat. Pada
masa ini anak telah mampu mengkoordinasikan gerakan visual motorik, seperti
mengkoordinasikan gerakan mata dengan tangan, lengan, dan tubuh secara
bersamaan,antara lain dapat dilihat pada waktu anak menulis atau menggambar.
Keterampilan
Motorik Halus; meliputi otot-otot kecil yang ada diseluruh tubuh, seperti menyentuh
dan memegang. Lerner & Hultsch (1983).
Menurut
dr. Radix Hadriyanto, Sp.A beberapa ciri khas tumbuh kembang anak yang normal
secara umum menurut klasifikasi umurnya dapat dilihat pada table berikut :
Stimulasi
gerak halus Usia 5-6 tahun yang dapat diberikan sesuai dengan jenjang usia
antara lain:Pada usia 5-6 tahun, hampir seluruh gerak kinestetiknya dapat
dilakukan dengan efisien dan efektif. Gerakannya pun sudah terkoordinasi dengan
baik. Namun, seperti diungkapkan Bambang, anak kelompok usia ini lebih menyukai
permainan yang tidak banyak melibatkan motorik kasar. Mereka lebih menyukai
permainan yang menggunakan kemampuan berpikir seperti bermain puzzle, balok,
bongkar pasang mobil, serta mulai tertarik pada games di komputer maupun play
station.
Anak
usia 5-6 tahun adalah anak yang periang dan imajinatif. Mereka tiada hentinya
bergerak dan berbuat sesuatu. Dunia sekitar mereka seakan mengundang mereka,
menunggu untuk ditemukan, dikuasai dan penuh tantangan. Untuk itulah perlu
disediakan suatu lingkungan yang baik, yang kaya dengan stimulus untuk membantu
mereka mengembangkan seluruh aspek dirinya.
Anak
usia 5-6 tahun memiliki perkembangan motorik yang lebih meningkat . tangan ,
lengan dan tubuh, semuanya bergerak bersama dibawah koordinasi mata ( santrock:1999)
.
Aspek pengembangan fisik untuk motorik halus meliputi:
§
Mencontoh
bentuk +, X, Lingkaran, bujur sangkar, segi tiga.
§
Menjiplak
angka, bentuk-bentuk lain.
§
Menjahit
sederhana dengan menggunakan tali sepatu, benang woll dll.
§
Memasukkan
surat ke dalam amplop.
§
Membentuk
dengan plastisin.
§
Memasukkan
benang ke dalam jarum
§
Menggunting
mengikuti bentuk
§
Menganyam.
§
Membentuk
berbagai objek dengan tanah liat
§
Menggambar
sesuai gagasan-nya.
§
Meniru
bentuk.
§
Melakukan
eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan.
§
Menggunakan
alat tulis dengan benar.
§
Menggunting
sesuai dengan pola.
§
Menempel
gambar dengan tepat.
§
Mengekspresikan
diri melalui gerakan menggambar secara detail
D.
Program
aktivitas Motorik Halus Usia 5-6 Tahun
Adapun program aktivitas motorik halus yang penyusun lakukan
yaitu membuat telepon mainan. Adapun Bahan-Bahan atau alat pembuatan telepon
mainan yaitu:
1. Karton tebal
2. Benang
3. Lem
4. Gunting
5. Lidi
6. Pinsil warna
Cara membuat telepon mainan adalah
sebagai berikut:
1. Buatlah 2 buah tabung dari karton. Lubangi
masing-masing bagian bawah tabung yang tertutup. Biarkan bagian atas tetap
terbuka.
2. Dengan menggunakan seutas benng
panjang, masukan ujung benang ke again bawah kedua tabung. Buatlah simpulganda
di bagian dalam tabung untuk mengunci ujung benng, akan lebih kokoh bila
dikaitkan ke lidi
3. Bila perlu warnailah dan hiaslah
tabung menggunakan warna-warna cerah dengan gambar bertema telepon
4. Lalu siap digunakan
Dari
kegiatan diatas dapat disimpulkan yaitu pada usia 5-6 tahun motorik halusnya
sedang berkembang sudah mulai bisa memegang dan menggunting, mewarnai dan merekatkan
lem sesuai pola dan dapat membentuk pola sehingga dengan kegiatan seperti ini
anak sangat berkembang motorik halusnya. Dan dapat digunakan untuk
berkomunikasi dengan teman sekelasnya.
BAB III
PENUTUP
Usia paling kritis anak adalah
sampai dengan usia anak lima tahun. Usia emas atau Golden Age berada pada masa
paling kritis yaitu usia 0 sampai 2 tahun, karena 80% pertumbuhan otak terjadi
pada masa usia emas tersebut. Pada tahap ini anak harus diberikan
intervensi-intervensi yang tepat agar otak anak bisa berkembang dengan optimal.
Intervensi yang diberikan bisa dalam bentuk stimulasi-stimulasi. Stimulasi yang
diberikan harus merangsang 4 aspek kemampuan dasar, yaitu: Kemampuan Gerak
Kasar (GK) ; Kemampuan Gerak Halus (GH) ; Kemampuan berbicara dan bahasa ; dan
Kemampuan bersosialisasi dan kemandirian. Dalam melakukan stimulasi sebaiknya
harus memperhatikan prinsip stimulasi perkembangan.
Orang tua bertanggung jawab atas
perkembangan anaknya pada masa yang akan datang. Oleh karena itu, orang tua
harus berhati-hati dalam mendidik anaknya serta dalam melakukan intervensi
harus benar-benar tepat. Jika stimulasi yang diberikan tidak tepat maka akan
sangat sulit atau bahkan tidak bisa untuk memperbaiki pengaruh stimulasi
tersebut pada usia selanjutnya. Untuk itu manfaatkan masa usia kritis anak atau
golden age, agar anak bisa berkembang seoptimal mungkin kearah yang positif.
DAFTAR
PUSTAKA
http://www.episentrum.com/artikel-psikologi/perkembangan-motorik-anak-usia-dini/
Langganan:
Postingan (Atom)